10 Cara Mengatasi Jerawat Yang Membandel

shares |

Penyebab jerawat yang pasti belum diketahui. Jerawat diduga muncul akibat peradangan kronik dan sumbatan kelenjar minyak pada kulit. Gejala munculnya jerawat biasanya berupa bintik merah menonjol dan sakit, dapat terisi nanah, biasanya di bagian wajah. Bila terkena infeksi, jerawat bisa berubah menjadi bisul dan bernanah. Berikut ini beberapa cara mengatasi jerawat membandel yang bisa kita lakukan :


Menjaga kebersihan wajah. Bagi seorang muslim dan muslimah, hal ini tentu bukan perkara sulit. Dengan melakukan wudhu sebanyak 5 x sehari, otomatis juga telah membasuh muka. Jika diperlukan bisa ditambah dengan sabun khusus wajah, tentu saja pilih yang cocok untuk kulit. Cara membersihkan wajah sebenarnya cukup dibasuh dan digosok perlahan, tidak perlu terlalu kuat. Hindari sering berganti-ganti merk atau produk perawatan wajah. Jika jerawat yang muncul cukup banyak, hindari sabun wajah yang mengandung scrub karena butiran-butirannya yang tajam akan memperparah jerawat.

Selalu mencuci tangan dan pastikan tangan kita bersih sebelum memegan area wajah.



Hindari terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung di atas jam 8 pagi karena sinar ultavioletnya kurang baik bagi kesehatan kulit. Jika ada aktivitas yang mengharuskan untuk terpapar sinar matahari langsung, usahakan menggunakan tabir surya.




Hindari begadang (tidur larut malam) tanpa alasan yang benar. Kulit butuh istirahat sama seperti tubuh kita. Malam hari adalah saat terbaik bagi kulit untuk beregenerasi. Kurang tidur akan membuat keseimbangan kerja kulit jadi terganggu sehingga bisa menimbulkan banyak masalah.




Perbanyak sayur dan buah. Menu yang satu ini sebaiknya tidak dilewatkan. Usahakan selalu ada sayur dan buah dalam menu makan kita. Kandungan vitamin dan mineral pada sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan kulit.



Minum air putih minimal 8-12 gelas sehari. Konsumsi cairan yang cukup (terutama air putih) sangat bagus untuk menetralisir racun dan berbagai macam zat yang tidak baik bagi tubuh dan tentunya kulit juga.



Tidak bergonta-ganti kosmetik atau produk perawatan wajah. Jangan termakan bujuk rayu iklan yang menjanjikan, Kita harus waspada jika suatu produk menjanjikan hasil instan (dalam waktu singkat) dan terlalu berlebihan dalam menyebutkan khasiatnya.

Hindari memencet jerawat karena justru akan membuka jalan bagi bakteri untuk masuk hingga akhirnya memperparah kondisi jerawat yang sudah ada. Memencet jerawat juga menyebabkan peradangan bertambah parah, wajah memerah, dan tentunya terasa sakit.

Berobat ke dokter jika jerawat sangat mengganggu dan semakin parah. Dokter akan meresepkan obat atau menganjurkan perawatan khusus untuk wajah.


Tak Perlu Minder! Dengan menjaga kebersihan wajah, insyaallah kita bisa terhindar dari jerawat. Tidak perlu minder atau kurang percaya diri ketika jerawat melanda. Atasi dengan tepat dan tidak berlebihan. Jangan sampai menyita waktu dan menghabiskan biaya besar hanya untuk memperbaiki penampilan luar. Memperbaiki kualitas hati, akhlak, dan ibadah tentu lebih utama. Semoga Bermanfaat.

Related Posts